Ada berbagai macam proses dan tahapan dan beberapa metodologi yang bisa digunakan untuk membuat sebuah aplikasi new media,kali ini saya akan menggunakan salah satu metodologi yang saya dapat dari situs TELKOM REASEARCH AND DEVELOPMENT CENTER,yaitu metodologi Lead User Reasearch
sebelum nya,apakah tau pengertian Lead User Research ?
LEAD USER RESEARCH
Lead User research adalah salah satu metodologi yang diyakini dapat memberikan kunci sukses bagi terobosan produk,jasa baru ataupun New Media. Dasar pemikiran metodologi ini adalah adanya Lead User yaitu spesifik konsumen/individual yang memiliki pengalaman kebutuhan lebih dahulu/mendahului dari konsumen/individual yang lain. Dengan melibatkan team khusus yang terdiri dari para expert pada kelompok lead user ini, maka akan didapatkan suatu temuan inovasi yang sangat berharga.
Beberapa contoh peran serta lead user dalam suatu terobosan inovasi baru antara lain :
Karakteristik Lead User
Manfaat Lead User
Melalui metodologi Lead user ini akan didapatkan beberapa manfaat sebagai berikut :
Tahapan Metodologi Lead User Research
Ada empat tahapan yang harus dilakukan dalam Lead User Research, yaitu :
a. Stage 1: Project Planning (4-6 minggu)
b. Stage 2: Trends/Needs Identification (5-6 minggu)
c. Stage 3: Preliminary Concept Generation (5-6 minggu)
d. Stage 4: Final Concept Development (5-6 minggu)
KESIMPULAN
Dapat Disimpulkan bahwa dalam membuat new media,harus memperhatikan proses Inovasi yang mengawalinya, dimana inovasi ini perlu terus dikembangkan demi kelangsungan bisnis perusahaan (never ending innovation). Selain itu peran lembaga R&D(Research & Development), dan proses untuk menghasilkan inovasi baik melalui Technology Push/Need Pull maupun tahapan Lead User Research merupakan tahapan yang hendaknya dilakukan dalam pengembangan produk/jasa baru.
DAFTAR REFERENSI
sebelum nya,apakah tau pengertian Lead User Research ?
LEAD USER RESEARCH
Lead User research adalah salah satu metodologi yang diyakini dapat memberikan kunci sukses bagi terobosan produk,jasa baru ataupun New Media. Dasar pemikiran metodologi ini adalah adanya Lead User yaitu spesifik konsumen/individual yang memiliki pengalaman kebutuhan lebih dahulu/mendahului dari konsumen/individual yang lain. Dengan melibatkan team khusus yang terdiri dari para expert pada kelompok lead user ini, maka akan didapatkan suatu temuan inovasi yang sangat berharga.
Beberapa contoh peran serta lead user dalam suatu terobosan inovasi baru antara lain :
- Speaker Bose, sukses menjadi pioneer high fidelity speaker untuk musik latar tahun 1980, didapat dari pengalaman Jim Sanchez saat mendengarkan musik latar dari toko CD lokal di Boston area Strawberries.
- Protein untuk hair conditioner ditemukan oleh seorang wanita di tahun 1950 yang mempunyai ramuan tradisional yang terdiri dari bir atau telur untuk tubuh agar lebih bersinar.
- Minuman Gatorade, diproduksi di Florida berdasarkan masukan dari para atlet sebagai lead user.
Karakteristik Lead User
- Lead User memiliki kebutuhan produk/jasa baru yang nanti akan memasyarakat, akan tetapi mereka telah menemukan kebutuhan tersebut beberapa bulan/tahun sebelum masyarakat umum menghadapinya.
- Lead User mengharapkan manfaat yang signifikan dengan menemukan solusi dari kebutuhannya. Sebagai hasilnya, mereka mengembangkan sendiri produk/jasa baru tanpa menunggu produk/jasa tersebut tersedia secara komersial.
- Lead User tidak sama dengan early adopter (First user yang membeli suatu produk /jasa eksisting). Lead user dihadapkan pada kebutuhan akan suatu produk/jasa yang belum ada di pasaran.
Manfaat Lead User
Melalui metodologi Lead user ini akan didapatkan beberapa manfaat sebagai berikut :
- Memperoleh akses informasi yang lebih kaya dan reliable melalui kebutuhan customer yang dapat diperoleh melalui traditional market research. Metode Lead User melengkapi kebutuhan untuk traditional market research bukan menggantikan.
- Pengembangan konsep produk/jasa yang lebih baik karena berasal dari data konsumen yang lebih baik.
- Akselerasi proses pengembangan produk/jasa.
Tahapan Metodologi Lead User Research
Ada empat tahapan yang harus dilakukan dalam Lead User Research, yaitu :
a. Stage 1: Project Planning (4-6 minggu)
- Membuat master plan
- Mempelajari current market place
- Merumuskan fokus projek
b. Stage 2: Trends/Needs Identification (5-6 minggu)
- Melakukan studi literatur
- Melakukan Interview kepada top expert.
- Analisa data, dan menentukan kebutuhan yang lebih mengerucut
c. Stage 3: Preliminary Concept Generation (5-6 minggu)
- Interview lead user dan expert
- Pengumpulan data untuk bisnis case
- Mendefinisikan kebutuhan produk/jasa baru ? buat draft konsep
d. Stage 4: Final Concept Development (5-6 minggu)
- Perencanaan Workshop Lead user
- Mengundang partisipan
- Pelaksanaan workshop ?> perbaikan konsep dengan melibatkan lead user/expert
- Finalisasi konsep
KESIMPULAN
Dapat Disimpulkan bahwa dalam membuat new media,harus memperhatikan proses Inovasi yang mengawalinya, dimana inovasi ini perlu terus dikembangkan demi kelangsungan bisnis perusahaan (never ending innovation). Selain itu peran lembaga R&D(Research & Development), dan proses untuk menghasilkan inovasi baik melalui Technology Push/Need Pull maupun tahapan Lead User Research merupakan tahapan yang hendaknya dilakukan dalam pengembangan produk/jasa baru.
DAFTAR REFERENSI
- Robert A. Burgelman, ?Strategic Management of technology and innovation?, Mc Graw Hill, 2004
- McMaster University, ?Notes from 9th Annual Canadian MBA Conference: Management Of Technology?, http://gaussling.wordpress.com/2007/01/02/market-pull-and-technology-push/ ,
- http://www.sfu.ca/~mvolker/biz/pushpull.htm
- http://digilib.ti.itb.ac.id/go.php?id=jbptitbti-gdl-s1-1997-pramudyoag-194
- http://www.coca-colabottling.co.id/ina/ourbusiness/index.php?act=inovation
- http://www.telkomrdc-media.com/?ch=8&lang=&s=907f2f68268fca8bc87fc385423404be&n=365
Silahkan salin/pasang embed link di bawah ini bila Anda ingin memasangnya di situs yang Anda inginkan: