Halaman

Translate

Senin, 13 Mei 2013

Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Budaya Manusia Terhadap Kebudayaan(beserta contohnya)


Kata budaya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai pikiran, akal budi atau adat-istiadat. Kebudayaan sendiri diartikan sebagai segala hal yang berkaitan dengan akal atau pikiran manusia, sehingga dapat menunjuk pada pola pikir, perilaku serta karya fisik sekelompok manusia. Dari pengertian tersebut dapat di simpulkan bahwa akal adalah sumber budaya, apapun yang menjadi sumber pikiran, masuk dalam lingkup kebudayaan. Karena setiap manusia berakal, maka budaya identik dengan manusia dan sekaligus membedakannya dengan makhluk hidup lain. Dengan akal manusia mampu berfikir, yaitu kerja organ sistem syaraf manusia yang berpusat di otak, guna memperoleh ide atau gagasan tentang sesuatu. Dari akal itulah muncul nilai-nilai budaya yang membawa manusia kepada ketinggian peradaban.
Pengertian kebudayaan : Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.

Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic. Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.Dari berbagai definisi tersebut, dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

Kebudayaan material :Kebudayaan material mengacu pada semua ciptaan masyarakat yang nyata, konkret. Termasuk dalam kebudayaan material ini adalah temuan-temuan yang dihasilkan dari suatu penggalian arkeologi: mangkuk tanah liat, perhisalan, senjata, dan seterusnya. Kebudayaan material juga mencakup barang-barang, seperti televisi, pesawat terbang, stadion olahraga, pakaian, gedung pencakar langit, dan mesin cuci.

Kebudayaan nonmaterial : Kebudayaan nonmaterial adalah ciptaan-ciptaan abstrak yang diwariskan dari generasi ke generasi, misalnya berupa dongeng, cerita rakyat, dan lagu atau tarian tradisional.
Kebudayaan sangat berpengaruh terhadap kepribadian seseorang, begitu pula sebaliknya. Karena manusia dan kebudayaan adalah dua hal yang saling berkaitan. Manusia dengan kemampuan akalnya membentuk budaya, dan budaya dengan nilai-nilainya menjadi landasan moral dalam kehidupan manusia. Seseorang yang berperilaku sesuai nilai-nilai budaya, khususnya nilai etika dan moral, akan disebut sebagai manusia yang berbudaya. Selanjutnya, perkembangan diri manusia juga tidak dapat lepas dari nilai­-nilai budaya yang berlaku.

Dampak positif dan negatif perkembangan budaya manusia

dampak positif :
  1. Tidak mengurangi ruang gerak pemerintah dalam kebijakan ekonomi guna mendukung pertumbuhan ekonomi jangka panjang.
  2. Tidak berseberangan dengan desentralisasi.
  3. Mengenal budaya asing sebagi ruang pembelajaran
  4. Kemajuan dalam bidang teknologi
  5. Mempercepat terwujudnya pemerintahan yang demokratis dan masyarakat madani dalam      skala global.
  6. Bukan penyebab krisis ekonomi.
  7. Meningkatkan kreatifitas dan ruang berkarya
  8. Memperkaya keberagaman budaya.
  9. Peningkatan dalam bidang sistem teknologi, Ilmu Pengetahuan, dan ekonomi.
  10. Terjadinya pergeseran struktur kekuasaan dari otokrasi menjadi oligarki.


Dampak Negatif:
  1. Penyalahgunaan Fungsi
  2. Pemborosan Biaya
  3. Global Warming
  4. Dapat menghilangkan kebudayaan asli Indonesia
  5. terjadi proses perubahan social

Contoh contoh dampak positif dan negatif
Kebudayaan itu sendiri ada yang membawa dampak yang positif dan ada pula kebudayaan yang membawa dampak yang negatif.  

Contoh dampak kebudayaan yang positif adalah mencuci tangan dan berdoa sebelum makan, membuang sampah pada tempatnya, kemudian juga kebudayaan-kebudayaan tradisional seperti tarian-tarian tradisional yang merupak asset dan nilai jual dari Negara kita, Indonesia. Untuk saya pribadi kebudayaan yang membawa dampak positif terhadap diri saya adalah kebudayaan saling menghormati terhadap orang yang lebih tua, dan saling menghargai terhadap orang yang sebaya atau lebih muda, agar terjalinnya silaturahmi yang baik antar umat manusia.

Contoh Dampak negatif kebudayaan yang negatif dan saat ini sedang trend di Indonesia, yakni budaya korupsi, budaya korupsi ini merugikan negara dan dapat merusak sendi-sendi kebersamaan bangsa. Pada hakekatnya, korupsi adalah “benalu sosial” yang merusak struktur pemerintahan, dan menjadi penghambat utama terhadap jalannya pemerintahan dan pembangunan pada umumnya. Oleh karena itu sebagai pemuda dan penerus bangsa kita harus bias memilah kebudayaan-kebudayaan yang baik, karena kebudayaan memiliki kekuatan yang mampu mengontrol, membentuk dan mencetak individu. Apalagi manusia di samping makhluk individu juga sekaligus makhluk sosial, maka perkembangan dan perilaku individu sangat mungkin dipengaruhi oleh kebudayaan.

sumber sumber terkait :


http://ardiazazhar.blogspot.com/2010/01/perkembangan-budaya-indonesia-dan.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya
http://bagas-sarosa-gunadarma.blogspot.com/2012/11/pengaruh-perkembangan-kebudayaan.html
http://lorentfebrian.wordpress.com/perkembangan-budaya-di-indonesia/
http://piyapoenya.blogspot.com/2010/01/perkembangan-budaya-indonesia.html
http://www.referensimakalah.com/2012/11/pengertian-budaya-dan-kebudayaan.html
http://yernieudia.wordpress.com/2012/06/30/jenis-budaya-indonesia-yang-pernah-ditampilkan-dalam-misi-kebudayaan-internasional/

Silahkan salin/pasang embed link di bawah ini bila Anda ingin memasangnya di situs yang Anda inginkan:




Widget by Bloggers



Baca Juga :
  1. Lirik Lagu Green Day - The Forgotten [Theme Song Breaking Dawn Part 2]
  2. Lyric Lagu Simple Plan - Welcome to My Life
  3. Lyric Lagu Simple Plan - Shut Up
  4. Lyric Lagu Simple Plan - Untitled
  5. Download Browser Google Chrome Terbaru
  6. Download Browser Mozilla FirefoxTerbaru
  7. Cara Membuat Blog di Blogspot/Blogger
  8. Mempercepat Koneksi Internet 3 Kali Lipat dengan Browser Firefox
  9. Cara Mempercepat Koneksi Internet di Warnet
  10. 10 Great Motivation
  11. Cara Mempercepat Koneksi Internet pada Windows 7
  12. Perbedaan KBps dengan Kbps
  13. Kumpulan URL Link Situs Keamanan Website
  14. Download Free All Game House dari A - Z
  15. PERBEDAAN HECKER DAN CRACKER
  16. Motivasi Untuk Orang yang Tidak Ingin Miskin

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa follow setelah comen