Laman

Translate

Sabtu, 01 Desember 2012

SOAL & JAWABAN UTS A & P 1 C (dosen Ahyad [30 November 2012] )


1.Apa yang dimaksud dengan program dan pemrograman?
2.Sebutkan model dasar komputasi!
3.Jelaskan hubungan pragmatic dengan konsep bahasa perograman!
4.Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis binding!
5.Jelaskan yang dimaksud dengan prolog (programing logic)!
6.Sebutkan jenis translater untuk menterjemahkan yang dikenali oleh mesin!
7.Jelaskan perbedaan compiler dengan interpreter!
8.Jelaskan pengertian sintaks dan grammer dalam konsep bahasa pemrograman!
9.Sebutkan unsur pembentuk tata bahasa dan jelaskan!
10.
S -> AA|C|bd
A -> Bb| ɛ
B -> AB|d
C -> de
Soal:
1. Ubahlah dari epsilon, Unit,Uselles.
2. Dari uselles ubah ke CNF transformasikan!

Jawabannya :
1. Pengertian Pemrograman
Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu set aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Bahasa pemrograman
Komputer adalah mesin yang dapat melaksanakan seperangkat perintah dasar (instruction set). Komputer hanya dapat diberi perintah yang terdiri dari perintah-perintah dasar tersebut. Perintah-perintah yang lebih rumit (misalnya mengurutkan suatu daftar sesuai abjad) harus diterjemahkan menjadi serangkaian perintah-perintah dasar yang dapat dimengerti komputer (perintah-perintah yang termasuk dalam instruction set komputer tersebut) yang pada akhirnya dapat mennyelesaikan tugas yang diinginkan, meskipun dijalankan dengan beberapa operasi dasar, bukan satu operasi rumit.
Bahasa Pemrograman merupakan notasi yang dipergunakan untuk mendeskripsikan proses komputasi dalam format yang dapat dibaca oleh komputer dan manusia. Proses komputasi umumnya Bahasa pemrograman == Komputer adalah mesin yang dapat melaksanakan seperangkat perintah dasar (instruction set). Komputer hanya dapat diberi perintah yang terdiri dari perintah-perintah dasar tersebut. Perintah-perintah yang lebih rumit (misalnya mengurutkan suatu daftar sesuai abjad) harus diterjemahkan menjadi serangkaian perintah-perintah dasar yang dapat dimengerti komputer (perintah-perintah yang termasuk dalam instruction set komputer tersebut) yang pada akhirnya dapat mennyelesaikan tugas yang diinginkan, meskipun dijalankan dengan beberapa operasi dasar, bukan satu operasi rumit.

pengertian program :
Program merupakan kumpulan instruction set yang akan dijalankan oleh pemroses, yaitu berupa software. Bagaimana sebuah sistem komputer berpikir diatur oleh program ini. Program inilah yang mengendalikan semua aktifitas yang ada pada pemroses. Program berisi konstruksi logika yang dibuat oleh manusia, dan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa mesin sesuai dengan format yang ada pada instruction set.

2. model dasar komputasional :
Model Fungsional : terdiri dari satu set nilai-nilai, fungsi-fungsi dan operasi aplikasi fungsi dan komposisi fungsi. Fungsi dapat mengambil fungsi lain sebagai argumentasi dan mengembalikan fungsi sebagai hasil (higher-order function). Suatu program adalah koleksi definisi fungsi-fungsi dan suatu komputasi adalah aplikasi fungsi.
Model Logika : terdiri dari satu set nilai-nilai, definisi hubungan dan kesimpulan logis. Program terdiri dari definisi hubungan dan suatu komputasi adalah suatu bukti(suatu urutan kesimpulan).
Model Imperatif : terdiri dari satu set nilai-nilai yang mencakup suatu keadaan dan operasi tugas untuk memodifikasi pernyataan. Pernyataan adalah set pasangan nilai-nama dari konstanta dan variabel. Program terdiri dari urutan tugas dan suatu komputasi terdiri dari urutan pernyataan.

3. hubungan programing dengan konsep bahasa pemrograman :
Syntax  : kumpulan aturan yang mendefinisikan suatu bentuk bahasa, baik tata cara yang berupa penulisan kata, ekspresi, dan pernyataan.
Semantik  :  aturan-aturan untuk menyatakan arti dalam sebuah pemrograman.
Pragmatik : bagian dari ilmu bahasa (linguistic) yang mempelajari makna tuturan penutur (speaker’s meaning), makna yang berhubungan dengan konteks (contextual meaning), menelaah maksud penutur yang lebih banyak dari pada apa yang dituturkan oleh penutur (implicature), memahami manipulasi bahasa untuk kesopanan (politeness), memahami anggapan-anggapan dalam tuturan dan kalimat (pre-supposition and entailment), mengetahui bagaimana manusia bertindak dengan menggunakan medium bahasa (speech act) dan yang bertumpu pada satu makna yang mungkin akan diragukan oleh para linguis dan pragmatisis, yaitu “ilmu yang mempelajari makna, menciptakan makna dan mengubah makna realitas yang terkandung tiap-tiap tuturan, tindakan dan peristiwa bahasa”.

seorang programmer harus mengerti dan paham tentang konsep bahasa pemrograman karna tanpa syntax , semantik dan juga pragmatik, seorang programmer tidak akan menciptakan sebuah program sesuai dengan aturan/yang di inginkan

4. jenis jenis binding :
Ada dua tipe / jenis binding bila dilihat dari kontrol yang digunakan untuk binding data, yaitu :
a. Simple Binding
b. Complex Binding
Jika dilihat dari sisi waktu pengikatan data (binding) dapat dibedakan lagi ke dalam dua jenis, yaitu :
a. Early Binding
b. Late Binding

5. PROLOG adalah Prolog adalah singkatan dari Programming in Logic , yang berarti pemrograman logika. Program ini menggunakan bahasa deklaratif dimana pemrograman memberi fakta dan aturan untuk selanjutnya diselesaikan oleh Prolog  secara deduktif sehingga menghasilkan suatu kesimpulan. Prolog sangat cocok digunakan untuk mengimplementasikan sistem pakar.

6. jenis translator yang di kenali mesin :
Assembler
Compiler
interpreter

7. perbedaan kompiler dengan interpreter adalah :
Compiler : Source code adalah bahasa tingkat tinggi, object code adalah bahasa mesin atau bahasa assembly. Source code dan data diproses berbeda.
interpreter : interpreter tidak menghasilkan bentuk object code, tetapi hasil translasinya hanya dalam bentuk internal , di mana program induk harus selalu ada ( berbeda dengan compiler )

8. pengertian syntax dan grammar dalam bahasa pemrograman :
Syntax : kumpulan aturan yang mendefinisikan suatu bentuk bahasa, baik tata cara yang berupa penulisan kata, ekspresi, dan pernyataan.
Grammar : Suatu kumpulan aturan (production) yang menentukan urut-urutan karakter. Suatu formal grammar adalah grammar biasa yang ditentukan dengan menggunakan notasi yang ketat.

9. unsur unsur pembentuk tata bahasa pemrograman
a.       Terminal merupakan simbol dasar dari suatu rangkaian yang terbentuk. Kata 'token' merupakan persamaan dari 'terminal' jika kita berbicara dalam bahasa pemrograman. Kata kunci if, then, else adalah terminal.
b.       Non-Terminal adalah variabel sintaktik yang menyatakan kumpulan dari rangkaian. variabel stmt clan expr adalah non-terminal. Non-terminal mendefinisikan kumpulan dari rangkaian yang membantu bahasa yg dibentuk oleh tata bahasanya. Non-terminal juga mamberikan struktur hirarki pada suatu bahasa yang sangat bermanfaat dalam proses analisis sintak dan translasi.
c.       Dalam suatu tata bahasa, satu non-terminal berfungsi sebagai simbol awal, dan kumpulan rangkaian yang dinyatakannya merupakan bahasa yang didefinisikan oleh tata bahasa itu.
d.       Produksi-produksi dalam satu tata bahasa menentukan perilaku dimana terminal dan non-terminal dapat digabungkan untuk membentuk rangkaian. setiap produksi terdiri dari non-terminal, diikuti oleh tanda panah (simbol 4 atau simbol ::=), lalu diikuti oleh rangkaian dari suatu non-terminal dan terminal.


10. Penyederhanaan tata bahasa dari CFG ke CNF, dari epsilon, unit, useless hingga CNF

S -> AA | C | bd
A -> Bb | ɛ
B -> AB |d
C -> de

EPSILON :
S -> AA | C | bd
A -> Bb
B -> AB |d
C -> de

UNIT :
S -> AA | de | bd
A -> Bb
B -> AB |d
C -> de

USELESS :
S -> AA | de | bd
A -> Bb
B -> AB |d

CFG

S -> AA -> P1
S -> de -> P2 P3
S -> bd -> P4 P2
A -> BP4
B -> AB -> P5
B -> P2

AA -> P1
AB -> P5
b -> P4
d -> P2
e -> P3

Silahkan salin/pasang embed link di bawah ini bila Anda ingin memasangnya di situs yang Anda inginkan:




Widget by Bloggers



Baca Juga :
  1. Lirik Lagu Green Day - The Forgotten [Theme Song Breaking Dawn Part 2]
  2. Lyric Lagu Simple Plan - Welcome to My Life
  3. Lyric Lagu Simple Plan - Shut Up
  4. Lyric Lagu Simple Plan - Untitled
  5. Download Browser Google Chrome Terbaru
  6. Download Browser Mozilla FirefoxTerbaru
  7. Cara Membuat Blog di Blogspot/Blogger
  8. Mempercepat Koneksi Internet 3 Kali Lipat dengan Browser Firefox
  9. Cara Mempercepat Koneksi Internet di Warnet
  10. 10 Great Motivation
  11. Cara Mempercepat Koneksi Internet pada Windows 7
  12. Perbedaan KBps dengan Kbps
  13. Kumpulan URL Link Situs Keamanan Website
  14. Download Free All Game House dari A - Z
  15. PERBEDAAN HECKER DAN CRACKER
  16. Motivasi Untuk Orang yang Tidak Ingin Miskin

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jangan lupa follow setelah comen