Halaman

Translate

Rabu, 30 Maret 2016

ANALISA WEBSITE lazada.co.id


“ANALISA WEBSITE lazada.co.id dan PROMOSI DIRI SENDIRI ”

Univ









Disusun Oleh :
MUHAMMAD YAASIIN
55412128
4IA13






FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
Mata Kuliah : Pengantar Komputasi Modern
Dosen : SITI SAIDAH




BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang
Pada zaman yang modern ini persaingan atara satu perusahaan dengan perusahaan yang lainya tidak bias dihindari lagi, setiap perusahaan menggunakan berbagai carauntuk bertahan dan melakukan hal yang baru untuk bertahan, salah satunya menerapkan teknologi yang tepat dan sesuai dengan bidang nya masing masing, salah satunya adalah menerapkan komputasi modern.
Berbagai macam teknologi telah masuk ke Indonesia mulai dari penggunaan laptop, penggunaan handphone hingga penggunaan internet, internet lama kelamaan merubah cara seseorang untuk membeli barang barang secara online (e-commerce).
Penerapan e-commerce sudah diterapkan oleh berbagai perusahaan, salah satunya perusahaan lazada yang telah menerapkan sistem e-commerce melalui website lazada.co.id dan juga aplikasi mobile phone lazada yang bias diunduh di google play store ataupun apple store.
1.2              Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang diuraikan diatas, penulis dapat mengambil rumusan masalah, yaitu :
1.      Apa itu kumputasi modern ?
2.      Apa itu e-commerce?
3.      Apa saja kelebihan dan kekurangan serta manfaat dari belanja online(e-commerce)?
4.      Bagaimana penerapan belanja online(e-commerce) dalam perusahaan lazada
1.3              Tujuan penulisan
1.      Dapat mengetehaui lebih jauh tentang penerapan komputasi modern pada sebuah perusahaan.
2.      Dapat mengetahui lebih lanjut tentang belanja online
3.      Dapat mengetahui lebih lanjut apa manfaat, kelebihan dan juga kekurangan dari belanja online
4.      Dapat mengetahui penerapan belanja online pada sebuah perusahaan lazada
1.4              Metode Penulisan
Dalam penulisan ini, penulis menggunakan metode studi pustaka, yaitu mengambil data melalui media internet.










BAB II
PEMBAHASAN

2.1       Pengertian komputasi modern
            Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori, memori disini bisa juga dari memori komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1903-1957). Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21.
2.2       Jenis – jenis komputasi modern
Jenis-jenis komputasi modern ada 3 macam, yaitu :
·         Mobile Computing atau Komputasi Bergerak Mobile computing (komputasi bergerak) merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel serta mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.
·         Grid Computing Komputasi grid memanfaatkan kekuatan pengolahan idle berbagai unit komputer, dan menggunakan kekuatan proses untuk menghitung satu pekerjaan.
·         Cloud Computing atau Komputasi Awan Cloud computing adalah perluasan dari konsep pemrograman berorientasi objek abstraksi. Abstraksi, sebagaimana dijelaskan sebelumnya, menghapus rincian kerja yang kompleks dari visibilitas.
2.3       Pengertian E-commerce
            Perdagangan elektronik (bahasa Inggris: electronic commerce atau e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaranbarang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi,www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
2.4       Kelebihan E-commerce
            Ada tiga aspek kelebihannya, yaitu:
1. Kelebihan bagi organisasi
a. Dapat memperluas pasar hingga pada taraf global/International
b. Mengurangi biaya pembuatan, pendistribusian, pengambilan dan pengelolaan
c. Meningkatkan Brand perusahaan
d. Dapat menyediakan pelayanan kepada pelanggan yang lebih baik
e. Mempercepat dan efesiensi proses bisnis

2. Kelebihan bagi pelanggan
a. Dapat memberikan layanan tanpa ada batasan waktu 1 x 24 jam
b. Mampu memberikan pilihan serta kecepatan dalam pengiriman
c. Dengan banyaknya pilihan pelanggan dapat membandingkan harga satu dengan lainnya
d. Dapat melakukan review komentar terkait produk
e. Dapat memberikan informasi lebih cepat

3. Kelebihan bagi masyarakat
a. Tidak perlunya perjalanan dalam kegiatan jual beli
b. Dapat mengurangi biaya produk, sehingga harga seharusnya dapat lebih terjangkau
c. Dapat membantu pemerintah dalam pemberian pelayanan publik
2.5       Kekurangan E- Commerce
kekurangannya dalam dua aspek, yakni:
1. Kekurangan dari segi teknis
a. Jika emplementasi buruk maka dapat terjadi kelemahan keamanan, keandalan dan standar sistem yang ada
b. Perubahan/perkembangan industri perangkat lunak sangatlah cepat
c. Jika terjadi kendala pada bandwidth, maka dapat terjadi kegagalan TI
d. Kesulitan dalam integrasi sistem
e. Terjadi masalah pada kompatibilitas sistem

2. Kekurangan dari segi non-teknis
a. Mahalnya biaya pembuatan/pembangunan sebuah sistem E-Commerce
b. Tingkat kepercayaan pelanggan yang kurang terhadap situs E-Commerce
c. Sulitnya untuk memastikan keamana dan privasi dalam setiap transaksi secara online
d. Kurangnya perasaan dalam kegiatan jual beli
e. Aplikasi ini terus berkembang dengan sangat cepat
f. Masih belum murah dan amannya akses Internet pada suatu negara tertentu.

2.5       Manfaat E-commerce
            Manfaat penggunaan E-Commerce yaitu
·         Melewati batasan geografis
Jika Anda memiliki toko fisik, Anda dibatasi oleh wilayah geografis yang dapat Anda layani. Dengan situs web e-commerce, seluruh dunia adalah taman bermain Anda. Selain itu, munculnya mCommerce, yaitu, e-commerce pada perangkat mobile, telah memutuskan segala keterbatasan geografis yang tersisa.
·         Mendapatkan pelanggan baru lewat search engine
Ritel fisik didorong oleh brand dan hubungan. Selain itu, ritel online juga didorong oleh lalu lintas dari mesin pencari. Bukan hal baru bagi pelanggan untuk mengikuti link dalam hasil pencarian mesin pencari, dan mendarat di sebuah situs e-commerce yang mereka belum pernah dengar sebelumnya.
·         Biaya lebih rendah
Salah satu sisi positif paling nyata dari e-commerce adalah biaya yang lebih rendah. Bagian dari biaya-biaya lebih rendah ini dapat diteruskan kepada pelanggan dalam bentuk pemberian diskon.
·         Mencari produk lebih cepat
Hal ini tidak lagi tentang mendorong keranjang belanja ke lorong yang benar, atau produk yang diinginkan. Di sebuah situs e-commerce, pelanggan dapat mengklik navigasi intuitif atau menggunakan kotak pencarian untuk segera mempersempit pencarian produk mereka. Beberapa situs web mengingat preferensi pelanggan dan daftar belanja untuk memfasilitasi pembelian berulang.
·         Mengeliminasi waktu dan biaya perjalanan
Kadang-kadang pelanggan melakukan perjalanan jauh untuk mencapai toko fisik yang mereka sukai. E-commerce memungkinkan mereka untuk mengunjungi toko yang sama secara virtual, hanya dengan beberapa kali klik.
·         Memberikan perbandingan berbelanja
E-commerce memfasilitasi perbandingan berbelanja. Ada beberapa layanan online yang memungkinkan pelanggan untuk menelusuri beberapa pedagang e-commerce dan menemukan harga terbaik.
·         Transaksi, tawar-menawar, kupon, dan pembelian secara berkelompok
Meskipun ada setara fisik untuk transaksi, tawar-menawar, kupon, dan pembelian secara berkelompok, belanja online membuatnya jauh lebih nyaman.
·         Memberikan banyak informasi
Ada keterbatasan jumlah informasi yang dapat ditampilkan di toko fisik. Sulit untuk membekali karyawan untuk menanggapi pelanggan yang membutuhkan informasi di seluruh lini produk.
Situs web e-commerce dapat membuat informasi tambahan dengan mudah untuk pelanggan. Sebagian besar informasi ini disediakan oleh vendor, dan tidak ada biaya apapun untuk membuat atau menjaganya.
·         Memudahkan komunikasi bisnis
Menggunakan informasi yang diberikan pelanggan dalam formulir pendaftaran, dan dengan menempatkan cookie di komputer pelanggan, seorang pedagang e-commerce dapat mengakses banyak informasi mengenai pelanggan. Hal ini, pada gilirannya, dapat digunakan untuk menyampaikan pesan yang relevan.
·         Buka sepanjang waktu
Situs web e-commerce dapat berjalan di semua waktu selama 24 jam sehari – 7 hari sepekan (24/7). Dari titik pandang pedagang, ini meningkatkan jumlah pesanan yang mereka terima. Dari titik pandang pelanggan, toko yang “selalu terbuka” jelas lebih nyaman.
2.6       Profil Singkat LAZADA
            Lazada merupakan bagian dari jaringan e-commerce yang berpusat di Dubai, Uni Emirat Arab yang juga masih merupakan bagian dari Rocket Internet yang berasal dari Jerman. Lazada menggunakan nuansa biru dan oranye yang mirip dengan nuansa tema yang digunakan oleh situs jual beli Amazon. Lazada fokus untuk penjualan produk consumer electronic dan peralatan rumah tangga. Sejumlah merk terkenal telah terdaftar di Lazada Indonesia. Salah satu keunggulan yang diberikan Lazada adalah layanan antar gratis di wilayah Jakarta menggandeng Go-Jek. Hal ini dikarenakan CEO Rocket Internet Indonesia juga merupakan founder Go-Jek.
            Profil singkat yang dikutip dari lazada.co.id seperti dibawah ini :
            Lazada.co.id merupakan bagian dari Lazada Group yang menjadi tujuan belanja online nomor satu di Asia Tenggara. Lazada Group beroperasi di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Menjadi pionir di bidang e-commerce, Lazada menghadirkan layanan berbelanja yang mudah bagi konsumen dan akses langsung pada database konsumen terbesar di Asia Tenggara.

Tujuan Belanja Utama
Dengan ratusan ribu pilihan produk tersedia dari berbagai kategori, kesehatan dan kecantikan, peralatan rumah tangga, handphone dan tablet, elektronik, peralatan rumah tangga, Lazada menjadi tujuan utama untuk memenuhi kebutuhan berbelanja Anda.
Selain dari berbagai pilihan produk dari brand internasional dan lokal, Anda juga dapat menemukan berbagai produk yang hadir secara eksklusif melalui Lazada.

Berbelanja Mudah dan Nyaman
Tanpa harus melalui macet, antrian dan berdesak-desakan! Belanja kapan saja, dimana saja, melalui komputer maupun handphone..
Dengan layanan pengiriman kami yang cepat dan dapat diandalkan, Anda hanya perlu duduk santai dan paket akan diantarkan kepada Anda.

Berbelanja Aman dan Terpercaya
Kami memahami pentingnya bagi Anda untuk berbelanja dengan aman pada layanan yang dapat dipercaya. Kami menghadirkan berbagai pilihan metode pembayaran bagi konsumen, termasuk bayar tunai di tempat atau Cash-On-Delivery, Anda hanya perlu membayar saat Anda menerima kiriman paket Anda.
Kami memastikan kualitas dan keaslian produk: semua produk yang Anda beli di Lazada dijamin asli, bukan barang ilegal dan tidak rusak. Apabila terjadi kasus sebaliknya, Anda dapat mengembalikannya dalam jangka waktu 14 hari dan menerima pengembalian uang sepenuhnya, yang termasuk dalam Program Perlindungan Pelanggan.

BERJUALAN DENGAN MUDAH DI LAZADA.CO.ID
Dapatkan akses ke database konsumen terbesar di Asia Tenggara dan panduan berjualan yang terintegrasi.

2.7       Sistem Penjualan Lazada.co.id
            Lazada.co.id dapat juga disebut dengan toko online adalah sistem penjualan dengan menggunakan jasa internet, berbasis web dan dapat bertransaksi dengan online tanpa adanya tatap muka antara pembeli dan penjual. Ini tentu saja memudahkan para pembeli yang berasal dari daerah yang jauh untuk melakukan transaksi dengan harga yang normal. Tentu saja daerah si pembeli yang jauh akan mempengaruhi lama tidaknya barang yang dibeli sampai ke pembeli tersebut.
Saya akan mencoba menjelaskan tentang langkah-langkah dalam penjualan online yang dilakukan oleh lazada.co.id :
1.                  Pembeli diharuskan untuk menggunakan internet untuk mengakses ke web lazada.co.id
2.                  Lalu pembeli memilih/mengklik produk yang diinginkan sesuai dengan daftar produk yang telah disediakan oleh lazada.co.id beserta dengan harganya dan potongan pembelian.
3.                  Lalu pembeli akan disuguhkan dengan informasi-informasi tentang produk yang dipilih tersebut yaitu tentang spesifikasi produk/konten produk dan ulasan produk yang berisi tentang komentar dan penilaian pemakai lainnya.
4.                  Selain itu juga disediakan informasi tentang jangka waktu pengiriman yang berbeda di setiap provinsinya dan ketersediaan stok produk tersebut.
5.                  Jika dipastikan stok produk tersedia dan sesuai dengan keinginan pembeli maka pembeli cukup mengklik tombol “Beli Sekarang” lalu klik. Jika produk tidak sesuai dengan keinginannya maka dapat mengklik tombol “tutup dan lanjutkan belanja”.
6.                  Langkah selanjutnya adalah pembeli diharuskan mengisi formulir pembelian. Pembeli tetap memilih pilihan “pembeli tetap” dengan mengisi data email dan kata sandi yang sudah terdaftar dan pembeli yang masih baru dan belum pernah melakukan transaksi di lazada harus menginputkan alamat email pembeli  untuk konfirmasi tentang pembelian.
7.                  Setelah akun email selesai dimasukan/didaftarkan maka langkah selanjutnya yaitu akan secara otomatis masuk ke halaman Informasi Pengiriman, di mana pembeli diminta untuk mengisi alamat pengiriman yang diinginkan, nomor handphone, provinsi, kota, kecamatan. Bagi alamat yang dikenakan ongkos kirim, maka di samping kolom kecamatan akan muncul informasi “Dikenakan ongkos kirim”, sekaligus tertera biaya “Ongkos Kirim”.  Untuk melanjutkan prosesnya, pembeli mengklik tombol "Lanjutkan".
8.                  Selanjutnya pembeli memilih metode yang pembayaran yang diinginkan. Ada 3 metode yang disediakan lazada.co.id yaitu bayar di tempat, kartu kredit, dan bank transfer. Metode pembayaran “Bayar di tempat” mengharuskan pembeli berada di wilayah yang sudah tercover oleh lazada.co.id. Metode pembayaran “kartu kredit” mengharuskan pembeli untuk mengisi informasi tentang kartu kredit yang diperlukan. Metode pengiriman “bank transfer” mengharuskan pembeli untuk mentransfer harga produk ke bank yang disediakan oleh penjual. Membeli dengan metode bank transfer mengharuskan pembeli untuk mengkomfirmasikan pengiriman uang dengan menu di home lazada "konfirmasi pembayaran".
9.                  Setelah dipilih metode pembayaran dan mengisi data yang diperlukan maka lazada.co.id akan memberikan kode pemesanan/ nomor order dan jumlah yang harus dibayarkan. 

Dan inilah alur flow chart berbelanja di Lazada : 



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhnfCyfNaWnbgbUQmNNaELTSQOwqXltFzpMLKmxGJRdrarGQPvyTvqVA1U4RKfGIJeVtEX16W23ybBfPKpeBVjpbzEiYRrZJhAkOWcKna5r-8pm_3AenTkHhecoyebiV47kZHTydmtlJkc/s400/Flowchart+penjualan+online+lazada.co.id.png

2.8       Kelebihan dan kekurangan lazada.co.id
Kelebihan Belanja Online Di Lazada :
1.      Beraneka Ragam Produk Tersedia
Jika kita pergi kesuatu toko yang menjual sedikit jenis barang tentu akan membuat kita berfikir kalau ditoko tersebut kurang bagus untuk melakukan pembelanjaan lawong barangnya saja cuma sedikit. Nah di Lazada terdapat banyak sekali barang dan beraneka ragam walaupun masih didominasi oleh produk elektronik. Barang selain eletronik juga tersedia peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, mainan, alat musik, alat olahraga, buku, tas, alat kecantikan dan lain-lain. Jadi kita bisa langsung belanja banyak produk di lazada.
2.      Banyak Diskon Menarik Yang Di Tawarkan
Diskon merupakan salah satu hal yang sangat diinginkan oleh konsumen karena konsumen dapat menghemat uang. Lazada beberapa hari terakhir ini seringkali memberikan diskon kepada pelanggannya ada yang dikisaran dibawah 10% hingga diskon diatas 30 persen untuk beberapa produk tertentu. Produk yang beberapa hari yang lalu saya beli dari lazada merupakan produk yang didiskon 20% dari harga awal, lumayan untuk menghemat bukan?
3.      Website yang user friendly
Bagi orang awam belanja ditoko online terkadang menyulitkan dan membingungkan, tapi tidak dengan belanja di lazada. Karena diwebsite mereka memiliki tampilan yang menarik dan navigasi yang jelas serta panduan yang cukup mudah dimengerti sehingga kita sebagai konsumen tidak akan tersasar didalam website mereka. Selain itu di lazada.co.id juga menampilkan produk-produk unggulan sehingga memudahkan konsumen untuk mengetahui barang yang laris dan direkomendasikan.
4.      Bebas Ongkos Kirim
Ongkos kirim terkadang menjadi sesuatu yang menakutkan untuk berbelanja online karena cukup mahal untuk barang yang ukurannya besar. Namun Lazada memberikan kemudahan bagi para pelanggannya  dengan menggratiskan ongkos kirim ke jabodetabek dengan ketentuan berat barang maksimal 6 kg dan tentunya ini cukup bagus untuk perkembangan lazada kedepan karena pasti konsumen memilih yang ongkos kirim gratis.
5.      Bisa COD (Cash On Delivery)
Terkadang dalam belanja online terdapat beberapa ketakutan seperti barang tidak sampai dan takut ditipu, tapi di pelayanan ini anda dapat melakukan pembayaran di tempat pada saat anda menerima barang sehingga terhindar dari penipuan. Tapi saat ini mungkin baru ada di daerah jakarta sebab saat saya pesan barang untuk di Bandung tidak ada fasilitas COD.
6.      Pengiriman Barang Cepat
Sebagai pembeli pasti mengharapkan barang yang ia beli cepat sampai dan tidak terjadi kerusakan ataupun cacat, Lazada sepertinya tahu persis kebutuhan konsumen itu oleh karena itu mereka melakukan pengiriman barang yang cepat setelah pembayaran diterima. Pengalaman saya adalah saat membeli salah satu produk lazada, saya pesan dan melakukan pembayaran pada tanggal 15 agustus 2012 kemudian pada tanggal 16 agustus pukul 10.00 pagi barang sudah sampai di rumah saya dengan selamat.
7.Jaminam pengembalian barang
            Pengembailian barang yang dimaksud bias berupa barang yang cacat atau rusak selama pegiriman, danjuga jika barang masih tersedia maka dikirim dengan barang yang sama, tetapi jika sudah habis maka akan diganti dengan voucer belanja barang lazada, atau kembali dalam bentuk uang
Kekurangan lazada.co.id
1.      Konfirmasi Pembayaran Cukup Lama
Sebagai pembeli juga tentu ingin segera mendapatkan kepastian dalam berbelanja, saya rasa konfimasi pembayaran diterima oleh pihak lazada cukup lama sehingga sedikit membuat pembeli khawatir. Sebagai contoh pengalaman saya pribadi saat konfirmasi pembayaran pukul 10an pagi dan baru menerima konfirmasi pembayaran diterima pukul 3 sore tentu ini waktu yang lumayan tapi masih tergolong cepat karena masih pada hari yang sama. Tapi tentu lebih menyenangkan lagi kalau hanya memerlukan beberapa menit saja untuk mendapatkan konfirmasi.
2.      Fasilitas COD masih belum bisa dibanyak kota
Fasilitas COD yang ditawarkan memang bagus untuk konsumen tapi sayangnya untuk saat ini masih untuk kota jakarta dan sekitarnya saja sebab saya di Bandung tidak bisa COD, mungkin untuk lebih memuaskan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan tentu fasilitas COD di setiap kota bisa diterapkan.
3.ongkos kirim mahal
normalnya misalnya jika dibandingkan dengan JNE per kg hanya sekitar 16 ribu untuk Jakarta-Jogja. Di Lazada Ongkir mencapai 25 ribu untuk kategori yang sama.

4.Produk yang ditawarkan diklaim sebagai produk asli.
Padahal jika dibandingkan dengan toko offline sebut saja Sport Station (untuk kategori sepatu), kualitas bahan masih dibawahnya. Walaupun dari segi penampilan masih terlihat sama. Dan tentu saja dari sisi keawetan pasti akan berbeda, karena pembeli tidak bisa komplain masalah keawetan kepada Lazada karena awet tidaknya suatu produk hanya bisa dinilai setelah produk dipakai dalam kurun waktu tertentu.

5.Proses pengembalian barang yang ribet.
Jika produk yang dikembalikan ditolak oleh pihak Lazada, maka ongkos kirim akan dikenakan pada pembeli. Ini berarti pembeli harus membayar 2 x ongkir.
2.9       Traffic pengunjung lazada.co.id
Traffic Lazada.co.id
Dari bulan april 2015 hingga januari 2016

 


Traffic rank pada website Lazada.co.id cenderung meningkat dari awal mulai situs tersebut beroperasi hingga saat ini. Itu dapat terlihat dari naiknya terus grafik seperti gambar diatas.Hal ini disebabkan oleh banyaknya pengunjung situs Lazada.co.id yang ingin melakukan belanja online. Terlebih lagi Lazada.co.id menyediakan banyak pilihan produk dari berbagai merek dan potongan harga yang menggiurkan jika dibandingkan toko lainnya. Inilah yang menyebabkan Lazada.co.id menjadi salah satu top website yang sering dikunjungi oleh penduduk Indonesia.








Bab III
PENUTUP

3.1       Kesimpulan
            Penerapan kumputasi modern pada bidang sangatlah penting bagi kemajuan sebuah perusahaan .perusahaan yang menerapkan E-commerce seperti lazada.co.id adalah salah satunya, dengan adanya situs belanja online yang mempunyai berbagai kelebihan seperti lazada.co.id maka perusahaan akan mendapat lebih banyak keuntungan dibandingkan dengan membeli pada swalayan tertentu.

Referensi :


           



Baca Juga :
  1. Lirik Lagu Green Day - The Forgotten [Theme Song Breaking Dawn Part 2]
  2. Lyric Lagu Simple Plan - Welcome to My Life
  3. Lyric Lagu Simple Plan - Shut Up
  4. Lyric Lagu Simple Plan - Untitled
  5. Download Browser Google Chrome Terbaru
  6. Download Browser Mozilla FirefoxTerbaru
  7. Cara Membuat Blog di Blogspot/Blogger
  8. Mempercepat Koneksi Internet 3 Kali Lipat dengan Browser Firefox
  9. Cara Mempercepat Koneksi Internet di Warnet
  10. 10 Great Motivation
  11. Cara Mempercepat Koneksi Internet pada Windows 7
  12. Perbedaan KBps dengan Kbps
  13. Kumpulan URL Link Situs Keamanan Website
  14. Download Free All Game House dari A - Z
  15. PERBEDAAN HECKER DAN CRACKER
  16. Motivasi Untuk Orang yang Tidak Ingin Miskin

Sabtu, 14 November 2015

MEMBANGUN WIRAUSAHA DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI [Jurnal Sofskill mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika]

KELOMPOK KECIL

EDHO PRATAMA BISMA ANDIKA                       52412355
MUHAMMAD YAASIIN                               55412128
RIZKY HERPUWARDI                                  56412608       
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA | FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA

ABSTRAK

Untuk membangun suatu badan usaha diperlukan persiapan yang matang, pertimbangan utama pemilihan bentuk badan usaha seperti : jenis usaha yang dijalankan, perkembangan usaha, kapasitas keuangan, kemudahan pendirian, kewajiban dari pertauran pemerintah, batas wewenang dan tanggung jawab pemilik, besarnya resiko kepemilikan dan pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan usaha.
Ada beberapa faktor yang harus dihadapi dan diperhitungkan dalam pendirian badan usaha khususnya di bidang IT, barang atau jasa yang akan dijual harus sangat diperhitungkan dengan matang. Selain itu sumber daya manusia atau tenaga kerjanya juga harus berkompeten dibidangnya. Digital literacy mutlak diperlukan untuk seluruh sumber daya manusia. Digital literacy didefinisikan sebagai kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki oleh setiap umat manusia di abad teknologi saat ini, untuk dapat secara mudah, efektif, dan efisien di dalam menggunakan teknologi-teknologi yang ada.
Kata Kunci : Badan Usaha, Teknologi Informasi, Bisnis

PENDAHULUAN

            Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer, tetapi merupakan semua perangkat atau peralatan yang dapat membantu seseorang bekerja dan segala hal yang berhubungan dengan suatu proses, dan juga bagaimana suatu informasi itu dapat sampai ke pihak yang membutuhkan, baik berupa data, suara ataupun video. Di bidang ekonomi dan bisnis, perkembangan teknologi telah dan sangat berpengaruh terhadap aspek ekonomi dan bisnis di dunia dan secara khusus di Indonesia. Wirausaha merupakan salah satu contoh perusahaan bisnis yang bergerak di bidang TI.
            Dua aspek penting dalam pengembangan bisnis yang berhubungan dengan Teknologi Informasi adalah infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM). Selain kedua aspek tersebut, tentunya masih banyak aspek lain seperti finansial. Namun, lemahnya infrastruktur dan kelangkaan SDM merupakan penyebab utama lambannya bisnis IT. Langkanya sumber daya manusia IT yang menguasai digital literacy merupakan masalah utama di seluruh dunia. Kelangkaan ini disebabkan meledaknya bisnis yang berbasis IT (dan khususnya bisnis yang berbasis Internet).

KAJIAN TEORI

            Dunia Teknologi Informasi (IT) adalah sebuah dunia usaha dan teknologi yang paling banyak menghasilkan enterpreneur yang sukses baik secara bisnis maupun keuangan. Nama-nama seperti Hewlet-Packard, Bill Gates, Lerry Elison, Steve Jobs, dan Michael Dell merupakan nama-nama pendiri perusahaan di bidang Teknologi Informasi, dan merupakan entrepreneur murni karena mereka memulai usaha yang baru sama sekali dan di usia yang cukup muda.
            Melihat kondisi inilah maka tidak heran kalau banyak sekali enterpreneur yang ingin mendirikan usaha dalam bidang IT, bahkan di era dot-com, hampir semua entrepreneur berusaha mendirikan perusahaan dot-com. Seiring dengan berlalunya era dot-com dan dengan jatuhnya banyak perusahaan dot-com, tetap tidak mengurangi semangat para entrepreneur muda untuk mencoba peruntungan mereka dalam dunia IT ini.

Membangun usaha dalam bisnis IT

            Dunia IT merupakan sebuah dunia yang sangat menjanjikan bagi para entrepreneur muda karena sifatnya yang sangat terbuka bagi siapa saja yang berminat memasukinya, bahkan untuk menggambarkan betapa terbukanya bidang ini dinyatakan oleh pernyataan seorang aktor dalam sebuah film fiksi tentang perusahaan IT yang berjudul “Anti Trust” mengatakan bahwa “Every student who works on their garage is potentianly become a competitor in this business…”
            Setiap mahasiswa yang bekerja dari sebuah garasi di rumahnya untuk membuat perangkat lunak IT berpotensi untuk menjadi pesaing bagi perusahaan yang telah beroperasi terlebih dahulu. Seperti juga sebuah bisnis pada umumnya, jika gampang memasukinya maka gampang pula untuk terlempar keluar dari persaingan, oleh sebab itu pemahaman dan pemilihan dalam membangun sebuah bisnis, khususnya dalam bidang IT sangat menentukan sukses tidaknya usaha tersebut dijalankan.
Walaupun banyak sekali bidang bisnis IT, tetapi pada umumnya bidang usaha yang sering dimasuki oleh seorang pebisnis baru adalah perusahaan pengembangan perangkat lunak aplikasi (software house), konsultan implementasi teknologi informasi baik itu implementasi hardware maupun implementasi software, distributor dari produk-produk IT, baik hardware ataupun software dan training dan pendidikan bidang IT. Dari keempat bidang itulah, muncul berbagai varians dari bisnis IT yang biasanya merupakan bentuk spesialisasi dari keempat bidang usaha tersebut. Untuk sukses dalam bisnis dalam bidang ini faktor yang paling berpengaruh adalah ketepatan memasuki pasar (time-to-market) dan juga kualitas sebuah produk atau solusi yang dimiliki. Terlambat memasuki pasar berarti akan kehilangan kesempatan menjadi market leader, sedangkan terlalu awal masuk pasar akan dibebani biaya besar untuk melakukan pendidikan pasar. Faktor yang kedua yaitu kualitas dari produk atau solusi yang akan menjamin kesinambungan perusahaan dalam bisnis ini. Kualitas yang jelek  akan menyebabkan hilangnya kepercayaan dari pelanggan, walaupun time-to-market nya sudah tepat.
            Walaupun pilihan bisnis sudah dilakukan dan juga time-to-market sudah dipilih dengan baik, masih terdapat beberapa syarat yang perlu diperhatikan untuk dapat menjamin suksesnya usaha yang dibangun. Syarat-syarat tersebut meliputi:
·         Melakukan pilihan terhadap jenis usaha yang paling dikuasai oleh si entrepreneur baik dalam bidang teknologi ataupun dalam bidang pasar dan pelanggan yang membutuhkan market tersebut.
·         Melakukan pillihan pada jenis usaha yang mempunyai prospek pasar yang akan berkembang di masa mendatang. Memasuki usaha yang sudah ada hanya akan menambah ketat persaingan yang pada akhirnya akan mengurangi margin keuntungan usaha.
            Untuk menjadi seorang entrepreneur, apalagi entrepreneur muda dalam bidang IT, semangat saja belumlah cukup. Diperlukan berbagai keterampilan dan kemampuan dari sang entrepreneur untuk dapat sukses memasuki bidang tersebut. Beberapa kemampuan utama yang harus dimiliki oleh seorang Enterpreneur dalam bidang IT adalah:
·         Kemampuan dalam bidang Penjualan (Salesmanship). Kemampuan ini merupakan kemampuan utama yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur untuk membujuk calon pelanggan dalam menggunakan produk dan solusi yang dimiliki. Kegagalan dalam melakukan kegiatan penjualan maka perusahaan akan mati dan gagal untuk bertumbuh.
·         Kemampuan dalam bidang teknis yg cukup baik mengenai produk atau solusi yang ditawarkan. Kemampuan ini akan memberikan jaminan bahwa si entrepreneur mengetahui dengan pasti produk atau solusi yang diberikan dan mampu menjaga kualitas dari produknya untuk kepuasan pelanggan.
·         Pemahaman dalam bidang keuangan perusahaan (Accounting, Financial Report, Cash-flow management, dan lain-lain). Kemampuan dalam bidang ini sangat diperlukan untuk dapat melakukan perencanaan dan pengendalian operasi perusahaan. Kegagalan dalam bidang ini akan menjadikan perusahaan mengalami kesulitan keuangan yang berakibat dari gagalnya operasi perusahaan walaupun pada saat yang sama perusahaan memiliki pesanan yang cukup besar.
·         Kemampuan dalam bidang Human-Relationship adalah kemampuan yang tidak kalah pentingnya untuk dikuasai oleh seorang entrepreneur. Bidang bisnis IT sangat didominasi oleh manusia baik pembangun solusi ataupun pengguna, bahkan dalam dunia implementasi aplikasi perangkat lunak terdapat sebuah pendapat tak tertulis yang menyatakan bahwa faktor sukses tidaknya sebuah implementasi aplikasi perangkat lunak 20% ditentukan oleh produknya sedangkan 80% lebih ditentukan oleh manusianya yang meliputi programmer, konsultan, manajer proyek, dan juga pengguna akhir. Hal ini menjadi indikator sangat kuat bahwa faktor Human-Relationship sangat berpengaruh dalam kesuksesan entrepreneur dalam bidang IT.

Lingkungan Usaha di Indonesia
       Sebuah perusahaan ibaratnya sebuah bibit tanaman yang disebarkan di permukaan tanah. Tumbuh tidaknya sebuah bibit selain ditentukan oleh kualitas bibit itu sendiri juga ditentukan oleh lingkungan tempat bibit tersebut berada. Dalam melakukan kegiatan sebagai entrepreneur bidang IT di Indonesia, lingkungan dan kondisi usaha di Indonesia sangatlah menentukan sukses tidaknya perusahaan yang baru dibangun oleh seorang entrepreneur.
       Secara umum, lingkungan dan kondisi usaha di Indonesia masih belum mampu mendukung seorang entrepreneur untuk dengan mudah mendirikan dan menjalankan perusahaan sendiri khususnya usaha dalam bidang IT. Beberapa kondisi ekonomi dan dunia usaha Indonesia yang tidak kondusif seperti:
·         Belum adanya regulasi khusus yang mendukung kegiatan perusahaan start-up seperti tidak adanya insentif pajak dari pemerintah. Di Indonesia, semua perusahaan baik perusahaan kecil atau besar mengikuti peraturan yang sama. Hal ini memang seringkali dirasakan memberatkan bagi perusahaan start-up yang tentunya terbatas dalam bidang operasi dan pendanaannya.
·         Belum adanya dukungan dari dunia komunitas keuangan Indonesia seperti belum adanya kredit dari perbankan untuk operasi perusahaan dengan bunga dan persyaratan yang memadai. Hampir semua bank mensyaratkan agunan (kolateral) dalam bentuk bangunan atau deposito untuk setiap usulan pendanaan yang dipastikan sangat sulit dilakukan oleh sebuah perusahaan start-up. Bahkan dalam lingkungan entrepreneurship sering dikenal sebuah pameo yang mengatakan perbankan hanya meminjamkan uang kepada perusahaan yang tidak membutuhkan pendanaan, sedangkan perusahaan yang membutuhkan pendanaan sangat sulit dalam mengakses fasilitas keuangan yang ada.
·         Masih lemahnya perlindungan dan penghargaan dalam bidang patent yang berakibat masih kurangnya entrepreneur Indonesia yang menekuni pengembangan perangkat lunak aplikasi, karena tidak ada jaminan bahwa aplikasi mereka tidak digandakan secara illegal.
·         Belum adanya semangat untuk mendukung dunia wirausaha dari perusahaan pemerintah di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari peraturan pembayaran yang dilakukan oleh perusahaan negara atau BUMN dilakukan minimal 30 hari setelah semua dokumen disetujui. Persyaratan ini berlaku bagi perusahaan besar dan juga perusahaan kecil yang berarti bahwa perusahaan kecil atau baru memberikan pinjaman selama setidaknya 30 hari kepada perusahaan negara atau BUMN tersebut. Hal ini tentunya sangat memberatkan perusahaan start-up

                   Itulah kondisi dan lingkungan dunia usaha di Indonesia yang menurut pandangan penulis sampai saat ini belum kondusif untuk mendukung semangat kewirausahaan (entrepreneurship) di Indonesia. Sebagai perbandingan, di Canada terdapat sebuah badan yang disebut IRAP (Industrial Research Assistance Programme) yang merupakan bagian atau program dari National Research Council. Misi dari IRAP ini adalah membantu industri kecil dan menengah dalam mengembangkan kemampuannya di bidang teknologi dan inovasi. IRAP memberikan konsultasi pada usaha bisnis baru tentang potensi, kelemahan dari bisnis tersebut, kompetitor, dan pakar-pakar di Canada yang dapat dihubungi untuk melakukan konsultasi teknologi, dan hal-hal lain yang sangat berguna bagi perusahaan yang baru berkembang. Semua jasa konsultasi tersebut dapat diperoleh dengan biaya yang sangat terjangkau. Di samping itu, Canada juga memiliki sebuah pasar modal yang dikhususkan bagi perusahaan start-up yang sebagian besar merupakan perusahaan IT.
                   Kondisi di Canada ini merupakan kondisi ideal yang seharusnya diciptakan di Indonesia untuk dapat mendukung semangat dan tumbuhnya jiwa-jiwa entrepreneurship di kalangan muda di Indonesia khususnya dalam bidang IT, yang pada akhirnya mampu mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia.
                                                             
Faktor–faktor yang Harus Dihadapi atau Diperhitungkan

1. Barang dan Jasa yang akan dijual
             Barang yang dijual didalam dunia IT atau yang dijual didunia internet merupakan barang yang tidak memiliki waktu kadaluarsa ataupun memiliki waktu yang lama dalam hal kadaluarsa, karna jika barang memiliki waktu kadaluarsa yang singkat maka barang akan terlanjur kadaluarsa sebelum dijual sehingga akan merugikan penjual. barang yang dijual didunia it biasanya merupakan barang yang dijual di toko online, kriteria barang atau produk yang menguntungkan untuk dijual secara online :

2. Profit minimal Rp50.000
            Setiap orang punya target profit yang harus didapat per bulannya masing-masing. Tapi perlu diingat bila kita berjualan online, melayani orang yang memesan 1 produk yang mempunyai profit Rp.10.000 akan sama capeknya dengan melayani orang yang memesan 1 produk yang mempunyai profit Rp.100.000. Biaya promosi sebuah toko online yang hampir sama tapi produk yang dijual beda profitnya. Jadi sebaiknya kita harus pintar memilih produk apa yang akan dijual sebelum terjun ke dunia jualan online.

3. Produk sangat dibutuhkan
            Ini hanya untuk memperbesar konversi orang yang berkunjung ke toko online kita dan membeli dengan yang hanya berkunjung untuk melihat-lihat saja. Semakin besar tingkat urgensi suatu produk maka akan semakin besar pula konversi. Produk yang mempunyai tingkat urgensi tinggi itu seperti obat, kosmetik, pelangsing, seragam kerja,dll. Produk bisa kamu buat sendiri atau jadi reseller produk orang lain. Kalau mau cari produk yang sesuai kriteria ini bisa cari di daftar supplier produk di daragang.com.

3. Produksi lancar
            Ketika toko online kita ramai dan banyak penjualan, maka akan timbul masalah ketika proses produksi macet. Kita jadi tidak bisa menjual lagi, padahal permintaan terhadap produk sangat banyak dan rutin. Sebaiknya kita memastikan apakah produk tersebut akan lancar produksinya bila kita berhasil menjualnya dalam jumlah yang besar dan berkelanjutan.

4. Mempunyai trend yang stabil, tidak musiman.
            Suatu produk ada yang sepanjang tahun dibutuhkan ada yang hanya dibutuhkan musiman saja. Bila kita ingin menjadikan jualan online sebagai penghasilan rutin kita maka sebaiknya kita pilih yang trend kebutuhannya stabil. Contoh yang stabil misalnya produk fashion, obat-obatan, gadget,dll. Contoh yang musiman itu misalnya baju muslim, topi natal, coklat valentine.
         
Kebutuhan Sumber Daya Manusia

   Apabila Anda memutuskan untuk membuka lapangan kerja sendiri (wirausaha), baik dalam skala kecil, menengah, maupun besar, kemampuan sumber daya manusia akan teknologi informasi dalam bentuk Digital literacy mutlak diperlukan. Secara umum, Digital leteracy didefinisikan sebagai kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki oleh setiap umat manusia di abad teknologi saat ini, untuk dapat secara mudah, efektif, dan efisien (disertai dengan pemikiran yang kritis dan membangun) di dalam menggunakan teknologi-teknologi yang ada (dan juga diharapkan dapat turut serta untuk ikut membangun dan mengembangkan teknologi-teknologi tersebut).
Hampir semua kegiatan usaha (bisnis) Anda akan memerlukan bantuan komputer dan teknologi lainnya. Beberapa buah kemampuan di bidang teknologi informasi yang diperlukan di dunia kerja, baik di perusahaan swasta (BUMS), perusahaan negara (BUMN), maupun instansi pemerintahan, antara lain sebagai berikut:
ü  Kemampuan di dalam pengoperasian koperasi komputer dekstop (menyalakan komputer, mematikan komputer, instalasi sistem operasi, instalasi aplikasi, perbaikan aplikasi dan perangkat keras komputer.
ü  Kemampuan teknik di satu atau beberapa buah aplikasi sesuai dengan bidangnya masing-masing. Misalkan untuk perkantoran (dengan kemampuan pada aplikasi perkantoran), untuk pelayanan (dengan kemampuan dibidang server, database, Point of Sale, analisis, ERP,CRM), dan lain-lain.
ü  Kemampuan di bidang non teknis namun memerlukan juga peranan komputer. Misalkan untuk desain grafis, animasi, dokumentasi, marketing online, percetakan, dan lain-lain.

Jenis Badan Usaha yang Dipilih

                 Pendirian suatu badan hukum perusahaan haruslah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Ada beberapa faktor untuk memilih badan usaha yang akan dijalankan. Dalam praktiknya, pertimbangan utama pemilihan bentuk badan hukum perusahaan antara lain:

1. Jenis usaha yang dijalankan
Hal pertama yang dipertimbangkan adalah jenis usaha apa yang akan dijalankan. Sesuai dengan keinginan, badan usaha yang akan dijalankan bisa     dalam bentuk perdagangan, industri dsb. Orang yang ingin membuka usaha, harus selektif dalam memilih jenis usaha yang mengeluarkan modal tidak terlalu besar dengan resiko kerugian kecil.

2. Batas wewenang dan tanggung jawab pemilik
Ketika menjalankan bisnis, ada 2 hal yang sangat erat berkaitan, yaitu mengenai pengambilan keputusan dan batas kewenangan dalam menjalankan bisnis. Karakter badan usaha sangat menentukan hal ini. Karena tidak semua badan usaha memiliki pemisahan tanggung jawab antara pemilik dengan badan usahanya. Dalam hal memilih CV atau Firma sebagai badan usaha, ketika timbul suatu kerugian, maka kerugian tersebut menjadi tanggung jawab pemiliknya juga, hingga ke harta pribadi. Berbeda dengan Perseroan Terbatas, dimana ada keterbatasan tanggung jawab.

3. Kapasitas Keuangan dan Kemudahan Pendirian
Umumnya para pebisnis berskala kecil, ingin memilih pendirian badan usaha yang prosesnya sederhana dan biaya sesuai dengan kapasitas keuangannya. Ketika budgetnya tidak mencukupi untuk mendirikan Perseroan Terbatas, seringkali badan yang dipilih adalah CV. Namun yang harus diperhatikan adalah karakter dari badan usaha yang dipilih berikut tanggung jawabnya.

4. Kemudahan memperoleh modal
Dalam bisnis, pemisahan keuangan pribadi dengan bisnis adalah hal mutlak. Ketika membuat badan usaha, diharapkan dapat membuat rekening atas nama perusahaan tersebut. Sehingga, untuk keperluan permodalan, akan dapat dengan mudah mengajukan ke perbankan atau investor apabila cash flow yang telah berdiri sendiri dan berjalan baik dari bisnis tersebut sudah diletakkan pada wadah khusus, yaitu rekening perusahaan.

5. Besarnya resiko kepemilikan
            Para pengusaha harus memikirkan resiko-resiko yang akan terjadi    dalam perusahaannya. Misalnya pengusaha dalam bidang industri akan menggunakan alat-alat produksi yang membutuhkan perawatan sesering mungkin agar terhindar dari resiko kerusakan, cacat, dll.

6.    Perkembangan usaha
               Pengusaha haruslah visioner, oleh karena itu optimisme dalam mengembangkan bisnis juga merupakan pertimbangan dalam memilih badan usaha. Seiring dengan perkembangan bisnis, maka tidak hanya omset yang makin besar, namun resikonya juga makin besar. Oleh karena itu perlu disesuaikan dan dipersiapkan strategi memilih badan usaha yang tepat.

7.    Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan usaha
Agar usaha dapat terkoordinir dengan baik, pengusaha hendaknya melibatkan pihak-pihak lain yang dapat mendukung jalannya perusahaan. Pihak-pihak tersebut ditempatkan pada bagian-bagian yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

8.    Kewajiban dari peraturan pemerintah
Sebagai warga Negara yang baik, pengusaha harus memperhatikan peraturan-peraturan pemerintah seperti ijin industri, NPWP, akta notaries, pajak dan ijin domilisi.

USULAN

       Jika anda ingin membentuk wirausaha, terutama dalam bidang teknologi industri, banyak aspek yang harus dipertimbangkan seperti badan usaha yang akan dibuat, barang dan jasa yang akan dijual, profit minimal, produktifitas, trend yang stabil, tidak musiman, tempat lingkungan sekitar, tenaga pekerja yang berkompeten dan tidak lupa mengurus segala izin sesuai peraturan yang berlaku.

HASIL EVALUASI

                 Salah satu bidang usaha yang banyak menghasilkan entrepreneur muda sukses adalah bidang IT. Bidang ini merupakan bidang yang paling terbuka untuk entrepreneur tetapi juga merupakan bidang yang paling ketat persaingannya. Kemudahan untuk memasuki bidang IT ini hampir sama dengan kemudahan terlempar keluar dari bidang ini karena persaingan usaha, sehingga kemampuan untuk memilih usaha yang tepat serta memiliki keterampilan yang tepat sangat diperlukan oleh setiap entrepreneur yang akan memasuki bidang usaha IT.
                 Hal lain yang perlu diperhatikan oleh seorang entrepreneur adalah kondisi lingkungan usaha tempat perusahaan itu didirikan. Lingkungan usaha yang kondusif ibarat tanah subur yang akan mendorong tumbuh suburnya bibit-bibit perusahan baru hasil karya dari jiwa dan semangat entrepreneurship yang dipupuk terus-menerus.

PENUTUP
                 Berdasarkan pada kajian teori diatas, bahwasannya dalam mendirikan wirausaha dapat dilakukan secara manual ataupun online, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu mendapatkan izin usaha, menentukan target pendapatan, menentukan barang atau jasa apa yang akan dijual serta menentukan SDM yang memadai untuk mendukung wirausaha dalam bidang teknologi.

REFRENSI

[1] Ekananta,2013. Menjadi Wirausahawan Bidang IT di Indonesia.
          http://web.binus.ac.id/bec/Articles/Articles2.aspx
          diakses pada : 10 Nevember 2015
[2] Jamilah,SKom.MT. Aspek Bisnis.
          http://jamilah.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/43186/aspek_bisnis.doc   
          diakses pada : 11 Nevember 2015
[3] Syafirah Shella Novianty, 2013. Pengaruh Biaya Produksi terhadap harga jual.
https://www.academia.edu/5299804/PENGARUH_BIAYA_PRODUKSI_TERHADAP_HARGA_JUAL_PADA_INDUSTRI_KECIL_KERIPIK_TEMPE_DITANJUNGPINANG
          diakses pada : 11 November 2015





Baca Juga :
  1. Lirik Lagu Green Day - The Forgotten [Theme Song Breaking Dawn Part 2]
  2. Lyric Lagu Simple Plan - Welcome to My Life
  3. Lyric Lagu Simple Plan - Shut Up
  4. Lyric Lagu Simple Plan - Untitled
  5. Download Browser Google Chrome Terbaru
  6. Download Browser Mozilla FirefoxTerbaru
  7. Cara Membuat Blog di Blogspot/Blogger
  8. Mempercepat Koneksi Internet 3 Kali Lipat dengan Browser Firefox
  9. Cara Mempercepat Koneksi Internet di Warnet
  10. 10 Great Motivation
  11. Cara Mempercepat Koneksi Internet pada Windows 7
  12. Perbedaan KBps dengan Kbps
  13. Kumpulan URL Link Situs Keamanan Website
  14. Download Free All Game House dari A - Z
  15. PERBEDAAN HECKER DAN CRACKER
  16. Motivasi Untuk Orang yang Tidak Ingin Miskin